fbpx
Pengertian Saka Bahari

Saka Bahari – Satuan Karya Pramuka untuk Bidang Kebaharian

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas Saka Bahari, salah satu satuan karya Pramuka yang bertujuan sebagai wadah peningkatan di bidang kebaharian. Mari kita lanjutkan membaca untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Saka Bahari.

Pengertian Saka Bahari
pic: Pramukaupdate

Pengertian Saka Bahari

Saka Bahari adalah satuan karya Pramuka yang bertujuan sebagai wadah peningkatan di bidang kebaharian. Satuan Karya Bahari ini berguna bagi perkembangan diri pribadi dan kemajuan kelompok.

Syarat Menjadi Anggota Satuan Karya Bahari

Untuk menjadi anggota Satuan Karya Bahari, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Telah menyelesaikan SKU tingkat pertama di golongannya (SKU Bantara bagi Penegak atau SKU Pandega).
  2. Terdaftar sebagai anggota gugusdepan di kwarcab di mana Saka Bahari itu berada.
  3. Mendapatkan surat izin dari orang tua dan Pembina Gudepnya.
  4. Calon Penegak dan calon Pandega dapat mendaftar dengan catatan selambatnya 6 bulan setelahnya pramuka tersebut telah dilantik menjadi Penegak Bantara atau Pandega.
  5. Tidak sedang menjadi anggota Saka lain.

Jenis Krida dan TKK dalam Satuan Karya Bahari

Satuan Karya Pramuka Bahari memiliki beberapa jenis krida dan TKK, di antaranya adalah:

  1. Krida Sumber Daya Bahari.
  2. Krida Jasa Bahari.
  3. Krida Wisata Bahari.
  4. Krida Reksa Bahari.
  • Krida Sumber Daya Bahari, yang terdiri atas TKK Penangkapan Ikan, TKK Alat Penangkap Ikan, TKK Budidaya Laut, TKK Pengelolaan Hasil Laut, dan TKK Pertambangan Mineral.
  • Krida Reksa Bahari, yang terdiri atas TKK Navigasi Laut, TKK Telekomunikasi, TKK Isyarat Bendera, dan TKK Isyarat Optik.

Tujuan Saka Bahari

Tujuan dari Satuan Karya Bahari adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis sesuai dengan bidang kebaharian. Para anggotanya akan dilatih untuk menjadi ahli dalam berbagai aspek kebaharian, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan maritim.

Aturan berkaitan dengan Saka Pramuka Bahari adalah SK Kwarnas nomor 158 Tahun 2011 tentang Jukran Saka Bahari bisa kamu download disini

Dalam kesimpulannya, Saka Bahari merupakan satuan karya Pramuka yang memiliki fokus pada bidang kebaharian. Untuk menjadi anggota Satuan Karya Pramuka Bahari, calon anggota harus memenuhi beberapa syarat tertentu. Di dalam Satuan Karya Bahari, terdapat beragam jenis krida dan TKK yang membantu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan anggota sesuai dengan bidang kebaharian. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat memberikan pemahaman lebih tentang Satuan Karya Bahari sebagai bagian dari gerakan Pramuka.

Yuk gabung Whatsapp Channel kami!
Follow kami di Telegram!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *