Pramuka DIY Tingkatkan Kompetensi dalam Kesiapsiagaan Erupsi Merapi 2022

Foto : Humas Kwarda DIY

YOGYAKARTA — Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang terdiri dari Pramuka Peduli, Saka Bakti Husada, Dental Scouting, Dewan Kerja Daerah, Andalan , serta Staf Kwartir Daerah (Kwarda) mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi, Sabtu (02/04/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula lantai 2 Kwarda Gerakan Pramuka DIY, Kompleks Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari, Sleman, Yogyakarta tersebut sebagai wadah kesiapsiagaan dalam menghadapi Erupsi Merapi tahun 2022.
Peningkatan Kompetensi Pramuka DIY kali ini merupakan kerjasama antara Kwarda DIY dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Melalui kegiatan ini, sebagaimana disampaikan Kak Dr. drg. Laelia Dwi Anggraini, Sp.KGA selaku Ketua Penyelenggara, yaitu membekali Pramuka DIY menjadi seorang Dental Scouting yang nantinya menjadi komponen dalam Kesiapsiagaan Erupsi Merapi.

Agenda dibuka secara resmi oleh Kak Drs. Krido Suprayitno, S.E., M.Si., Wakil Ketua (Waka) Kwarda DIY Bidang Pengabdian Masyarakat, Penanggulangan Bencana, dan Lingkungan Hidup.

Dalam sambutan dan arahannya, Kak Krido berpesan bahwa menjaga kesehatan sangatlah penting, terutama kesehatan gigi. Pihaknya juga berharap, materi-materi yang didapatkan dapat diteruskan dan diajarkan kepada orang terdekat terutama keluarga.

Peningkatan kompetensi kali ini diisi dengan dua materi, yaitu “Peran Pramuka Peduli, SBH, Dental Scouting dan Aktivis Pramuka dalam Kesiapsiagaan Erupsi Merapi 2022” yang disampaikan oleh Kak drh. Idi Setyobroto, M.Kes dengan moderator Kak Dr. drg. Laelia Dwi Anggraini, Sp.KGA.

Materi kedua yaitu “Kegawatdaruratan Gigi yang Wajib Diketahui Relawan Pramuka dan Cara Mengatasinya” disampaikan oleh drg. Bachrul Lutfianto, Sp.BMM (K) dengan moderator drg. Widyapramana, MD.Sc.

Kemudian, dari Tim Dental Rescue Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UMY juga memaparkan materi Deteksi Dini Karies Gigi dan Cara Gosok Gigi yang Baik dan Benar.

***

Suka menulis dan mewartakan tentang Pramuka, Teknologi, Musik, juga belajar mencipta puisi.
Exit mobile version