fbpx

Pramuka Asal Kwarda Aceh Ini Bertugas Memandu Wartawan Asing di WSJ 2023 Korea Selatan

KOREA SELATAN — 25th World Scout Jambore (WSJ) 2023 Korea Selatan atau familiar disebut Jambore Dunia oleh Pramuka Indonesia, menyediakan Press Room sebagai akses untuk para jurnalis dari seluruh dunia selama kegiatan berlangsung, setiap kontingen juga difasilitasi melakukan konferensi pers.

Divisi Press Center, diisi satu anggota Pramuka Indonesia asal Kwarda Aceh yaitu Kak Zulfahmi. M.D sebagai International Service Team (IST). Ia bergabung dengan panitia setempat bersama utusan lainnya dari berbagai negara.

Akrab disapa Kak Fahmi, mantan jurnalis media asing yang kini bekerja di Setjen DPR-RI, merupakan Andalan Daerah Kwarda Gerakan Pramuka Aceh, sebagai IST Jamboree Dunia tahun ini. Ia menceritakan bagaimana menyiapkan konferensi pers dan memandu para Jurnalis asing meliput kegiatan WSJ yang tengah berlangsung hingga tangga 12 Agustus 2023.

“Tugas kami divisi Press Center selama World Scout Jamboree, setiap hari memverikasi jurnalis yang datang, melakukan sosialisai dan tes Safe From Harm kepada para jurnalis sebagai uji kelayakan dan standart keamanan memasuki arena Perkemahan Pramuka,” ujarnya melalui pesan WA.

Kegiatan lainnya yaitu Press Tour Guide atau memandu para jurnalis meliput kegiatan Jamboree. Menyiapkan Press Realese, Press Conference dan translate sejumlah bahasa. IST yang bertugas di devisi ini sebelumnya diseleksi secara virtual tentang skill jurnalistik, kehumasan dan komunikasi

Kontingen Indonesia mengirim 1.579 anggota Gerakan Pramuka Indonesia. Sekitar 90 orang diantaranya bertugas sebagai IST di berbagai bidang berbeda, bersama panitia setempat.

Jambore Dunia 2023 di SaeManGeum diikuti oleh lebih dari 43.000 pramuka dari 158 negara yang berkumpul dalam berbagai kegiatan di bawah tema besar “Draw Your Dream”.

Berbagai kegiatan dan program menarik dipersiapkan oleh panitia Jambore Dunia, termasuk program 4S dan ACT (Scouting for Life, Smart and Scientific, Safe and Secured, dan Sustainability and also Adventure, Culture, and Tradition), serta Scout for SDGs.

Yuk gabung Whatsapp Channel kami!
Follow kami di Telegram!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *