fbpx

Peringati Hari Baden-Powell ke-166, Kwarda DIY Gelar Talkshow Memorabilia Bapak Pandu Dunia

Dalam rangka memperingati Hari Baden-Powell ke-166 tahun 2023, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) menyelenggarakan Talkshow Memorabilia Bapak Pandu Dunia, Selasa (21/02/2023) secara virtual.

Talkshow ini menghadirkan dua kolektor memorabilia kepramukaan ternama di Indonesia Kak Sudjono Adimulyo, pemilik Bumi Pernik (Buper) Maelo dan Kak Djoko Adi Waluyo, pemilik BP House Indonesia.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kak Drs. Arifin Budiharjo, Wakil Ketua Kwarda DIY Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda). Dalam sambutannya, Kak Arifin menegaskan bahwa kegiatan ini akan mengingatkan memori kita pada berbagai hal terkait dengan Baden-Powell.

“Mewakili pimpinan Kwarda DIY, saya menyampaikan apresiasi atas gagasan yang telah dibuat dan mengucapkan terimakasih kepada narasumber serta para peserta,” ujarnya diawal sambutan.

Kak Arifin menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bahan pembelajaran bagi kaum muda, anggota Gerakan Pramuka, yang nantinya bisa mendorong untuk senang berkegiatan, untuk senantiasa mengumpulkan kenangan-kenangan, terkait dengan kepramukaan.

Menurut Kak Arifin, kegiatan ini serta aktivitas mengoleksi barang-barang terkait dengan kepramukaan memberikan gambaran kepada kita bahwa dalam Gerakan Pramuka banyak sisi dan dimensi yang bisa dipelajari, dinikmati, serta dikenang.

Kak Djono selaku narasumber memaparkan koleksi-koleksi filateli serta benda lainnya terkait Baden-Powell dalam bentuk digital. Koleksi-koleksi itu juga telah terpampang di memorabilia.pramukadiy.or.id.

Sementara Kak Djoko, membawa seluruh peserta berkeliling secara virtual, melihat koleksi-koleksi yang ada di dalam BP House Indonesia.

Selain narasumber ada beberapa penanggap dalam kegiatan ini, seperti Kak Nunuk Hidayati, Anggota Dewan Kerja Nasional mewakili generasi muda; Kak Tata Noers purna Dewan Kerja Jawa Barat yang saat ini berdomisili di Perancis.

Kemudian ada pula Kak Christida, purna Dewan Kerja Daerah DIY, purna Dewan Kerja Nasional yang menyapa para peserta kegiatan, yang saat ini berada di Inggris, negara kelahiran Baden-Powell. Termasuk ada Kak Rully, kolektor seragam Pramuka dari Jawa Barat.

Para peserta juga dibuat takjub dengan koleksi-koleksi yang dimiliki oleh Kak Djono maupun Kak Djoko, sehingga menginspirasi mereka untuk bisa melakukan, meneruskan, serta berinovasi dalam mengoleksi benda-benda memorabilia kepramukaan.

Dalam peringatan Hari Baden-Powell ke-166 tahun 2023 ini, Kwarda DIY menyelenggarakan beberapa kegiatan. Di antaranya Lomba Bergaya Baden-Powell, Talkshow Memorabilia Baden-Powell, Pameran Benda Filateli tema Baden-Powell, Kelas Extra Pembinaan Pramuka Jogja (KePPo), serta apel peringatan. (*)

Yuk gabung Whatsapp Channel kami!
Follow kami di Telegram!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *