fbpx

Kwarran Labuhan Maringgai Kunjungan Kerja ke Kwarcab Sleman

Foto : Istimewa

SLEMAN — Puluhan pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Labuhan Maringgai, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lampung Timur melakukan kunjungan kerja ke Kwarcab Gerakan Pramuka Sleman, Jumat (17/06/2022).

Rombongan yang berjumlah 55 orang tersebut terdiri dari unsur Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus), Andalan Ranting, dan Dewan Kerja dipimpin langsung oleh Kak Sudarnoto, Ketua Kwarran Labuhan Maringgai.

Kunjungan kerja diterima oleh Kak Murdiwiyono selaku Sekretaris Kwarcab Sleman di Aula lantai 3 Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman dibersamai oleh kakak-kakak Andalan Cabang dan Dewan Kerja Cabang Sleman.

Kak Sudarnoto dalam sambutannya menyebut kunjungannya ke Yogyakarta, khususnya ke Sleman dengan istilah membeli “cambuk”. Yaitu, kata yang menerangkan bahwa para Mabigus dan Andalan Ranting akan merasakan dicambuk, sehingga sepulangnya nanti kinerja mereka bisa semakin meningkat.

Tujuan kunjungan kerja tersebut memang dalam rangka studi banding optimalisasi Gugusdepan dan lebih meningkatkan lagi Pengelolaan Dewan Kerja. Dalam kesempatan tersebut, Kak Sudarnoto juga menyampaikan terimakasih atas sambutan yang diberikan oleh jajaran pengurus Kwarcab Sleman.

Mewakili Ketua Kwarcab Sleman, Kak Murdiwiyono menyambut baik kunjungan kerja yang dilakukan oleh Kwarran Labuhan Maringgai tersebut dan memberikan beberapa arahan penting terkait strategi pendanaan kwartir, termasuk iuran anggota pramuka.

Setidaknya ada dua paparan khusus yang disampaikan oleh Kwarcab Sleman. Pertama yaitu pengelolaan anggota dewasa Gerakan Pramuka yang disampaikan oleh Kak Agus Margunaji selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Pusdiklatcab).

Kemudian dilanjutkan dengan paparan Strategi Pengelolaan Kegiatan di Bidang Pembinaan Anggota Muda oleh Kak Bambang Pamungkas, Andalan Cabang Urusan Saka.

Terkait optimalisasi gugusdepan dan pengelolaan dewan kerja tersebut para peserta kunjungan dari Kwarran Labuhan Maringgai nampak antusias dalam menyampaikan pertanyaan dan berdiskusi dengan pemapar.

Sesuai jadwal yang disusun, rencananya rombongan Kwarran Labuhan Maringgai akan mengunjungi salah satu kampung pramuka yang berada di Kwarcab Sleman yaitu di Desa Bromonilan, dilanjutkan wisata ke Candi Prambanan.

Rilis : PusbangJusinfo Kwarda DIY

Kak Pandu
Suka menulis dan mewartakan tentang Pramuka, Teknologi, Musik, juga belajar mencipta puisi.