fbpx

Kwarnas Selenggarakan Bimtek Program Gugusdepan Ramah Lingkungan di Kota Bogor

KOTA BOGOR — Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menyelenggarakan Bimbingan Teknis Program Gugusdepan Ramah Lingkungan di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Kota Bogor.

Kegiatan yang dibuka secara resmi hari ini, Sabtu (04/06/2022), diikuti oleh perutusan Kwartir Daerah yang berada di Regional II (Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara) secara luring dan akan berlangsung hingga 8 Juni 2022 mendatang.

Bimtek Gudep Ramah Lingkungan Regional II tahun 2022 tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Kak GKR Mangkubumi.

Secara khusus, Kak GKR Mangkubumi mengajak peserta untuk bisa menjadi pelopor dan aktor perubahan dalam pelestarian lingkungan. Khususnya nantinya dalam pengelolaan sampah yang bisa dimulau dari keluarga, lingkungan sekitar, dan gugusdepan.

“Kita mengajak dari keluarga hingga ke lingkungan untuk menjadi pemilah sampah. Bagaimana kita menjadi aktor perubahan, berawal dari rumah,” ujar Kak GKR Mangkubumi.

Sebelumnya juga telah dilaporkan tujuan dan kepesertaan dari kegiatan oleh Ketua Pelaksana, Kak Sonny Prima Sonjaya, Andalan Nasional Komisi Abdimas. Pihaknya menyampaikan bahwa peserta kegiatan adalah 4 orang dari masing-masing kwartir daerah di regional 2, serta peserta khusus dari kwartir cabang Kota Bogor.

Ia menyebutkan bahwa bkegiatan dan pendidikan yang mendukung Pramuka untuk melestarikan lingkungan hidup dimaksudkan untuk mendorong dan melibatkan para pramuka secara aktif dalam mengelola dan turut berperan aktif memerangi isu lingkungan maupun dampak perubahan iklim.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2022,” terangnya.

Kemudian ada pula ucapan selamat datang dari Ketua Kwarti Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Harian Kwarcab Kak Dr. Ir. Hj. Syarifah Sofiah Dwikorawati. Pihaknya menyampaikan bahwa Kwarcab Kota Bogor merasa terhormat atas dipilihnya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan.

“Mudah-mudahan kegiatan hari ini bisa berjalan dengan lancar dan mohon dimaafkan pada pelaksanaannya kami sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan,” pungkasnya.

Pembukaan secara resmi kegiatan ditandai dengan pemukulan palu oleh Kak GKR Mangkubumi dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan yang ditunjuk. (pan)

Leave a Reply