fbpx

Kwarnas Fasilitasi Pramuka di Regional III dan IV Bimtek Gudep Aman Bencana

KALSEL — Bertempat di Aula Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan (Kwarda Kalsel), Kwartir Nasional (kwarnas) Gerakan Pramuka selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Gugusdepan (Gudep) Aman Bencana untuk regional III dan IV.

Bimtek dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Kak GKR Mangkubumi yang hadir secara daring melalui aplikasi Zoom mewakili Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso.

Kak GKR Mangkubumi menyampaikan terimakasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel dan juga Kwarda Kalsel yang telah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan bimtek kali ini. Regional III dan IV terdiri atas Kwarda yang berada di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Dalam kesempatan tersebut, Kak GKR Mangkubumi membacakan sambutan khusus dari Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso dalam pembukaan Bimtek Gudep Aman Bencana Regional III dan IV.

Kak Budi Waseso dalam sambutannya menyebutkan bahwa pramuka harus terus diberi pengetahuan dan dibekali dalam upaya menghadapi ancaman bencana. Pihaknya menjelaskan bahwa kondisi Indonesia berada di “Ring of Fire” atau Cincin Api, yang berarti wilayah yang rawan bencana.

Ketua Kwarnas menghimbau bahwa perilaku sadar dan mampu secara adaptif menghadapi ancaman bencana sudah selayaknya dipahami oleh semua warganegara kita, termasuk para Pramuka.

“Bahwasanya gugusdepan-gugusdepan merupakan garda terdepan pendidikan kepramukaan. Oleh karena itu, harus dibekali dengan pengetahuan dan bimbingan teknis yang memadai untuk menghadapi ancaman bencana,” ujarnya.

Bimtek Gudep Aman Bencana Regional III dan IV dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama secara daring, yaitu pada 5 dan 6 September 2022, tahap kedua dimulai hari ini secara luring sampai dengan Selasa, 13 September 2022 mendatang.

Selain unsur Kwarnas, kegiatan ini juga melibatkan narasumber dari mitra Gerakan Pramuka di antaranya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Seknas Kemendikbudristek, Save Children, dan mitra lainnya. (*/rls)

Leave a Reply