Kwarda Jateng Selenggarakan Rakerda 2022

Foto : Tangkapan Layar

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah (Kwarda Jateng) selenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2022 yang dibuka hari ini, Sabtu (05/02/2022) secara hybrid (daring dan luring). Pada hari ini merupakan kegiatan Rakerda Tahap 1 yang akan dilanjutkan dengan tahap kedua pada waktu yang lain.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Keuangan, Aset, Sarana, Prasarana, dan Usaha Kwarda Jateng, Kak Dr. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si. secara luring dari Lantai 4 Gedung Kwarda Jateng mewakili Ketua Kwarda Jateng yang berhalangan hadir.

Dalam pembukaan ini, Kak Sujarwanto membacakan sambutan dari Ketua Kwarda Jateng diawali dengan menyampaikan salam hangat dari Kak Atikoh kepada semua yang hadir mengikuti kegiatan dan berpesan tetap semangat menjalankan karya kita dalam Gerakan Pramuka dan terus menjaga kesehatan, mencegah penyebaran dan menangani bersama COVID-19.

Kak Atikoh menyampaikan bahwa selama masa pandemi ini, Pramuka dengan segala kegiatannya hendaknya menjadi pelopor dalam menjadi Duta Perubahan Perilaku, memberikan edukasi kepada masyarakat dalam rangka memutus penyebaran COVID-19.

Diketahui bahwa tahun 2022 merupakan tahun keempat dari masa bakti sejak diselenggarakannya Musyawarah Daerah Kwarda Jateng pada 2018 lalu. Ketua Kwarda Jateng mengucapkan terimakasih atas eksistensi pramuka selama ini, aksi-aksi pramuka peduli, dan selalu berpesan bahwa Pramuka adalah insan Muda yang berkarakter, berkecakapan, berketerampilan yang memadai, dan sikap kebangsaan.

“Selama 2019-2020, Kwarda dan Kwarcab di Jawa Tengah selalu bergerak dan berkreasi, sehingga denyut nadi kepramukaan masih bisa dirasakan dan semangat berbakti dan memberi menjadi spirit kita, sehingga pramuka selalu hadir dan berkontribusi dalam program pemerintah, dan menjadi Duta Perubahan Perilaku,” ujar Ketua Kwarda Jateng

Lebih lanjut pihaknya mengapresiasi atas dedikasi semua pihak dan berterimakasih atas sinergi yang dibangun sehingga dapat meningkatkan sinergitas Kwarda dan Kwarcab di Jawa Tengah dalam mencapai visi Kwarda hingga 2023 mendatang.

Ada lima kebijakan yang disampaikan oleh Ketua Kwarda Jateng dalam pembukaan Rakerda tahun 2022 ini. yaitu, pertama: Kegiatan menggunakan skema Blended/campuran antara daring dan luring dengan protokol kesehatan. Kedua : kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah direncakan diselenggarakan bulan Mei 2022 di tiga lokasi.

Kemudian kegita : Kwarda Jateng telah menandatangai MoU dengan Gubernur Jateng sebagai payung hukum perjanjian kerjasama dengan instansi/Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Provinsi Jateng. Keempat : Terkait dengan target pencapaian Pramuka Garuda, 50 ribu di tahun 2023, diharapkan dukungan, komitmen, dan kesungguhan di Kwarcab. Serta kelima: Duta Perubahan Perilaku, harus bersama-sama disengkuyung.

Kak Sujarwanto menambahkan bahwa pihaknya menghimbau kepada seluruh Kwartir Cabang nantinya dapat mempersiapkan diri mengikuti Jambore Dunia ke-25 tahun 2023. Disebutkan bahwa saat ini sudah ada 157 peserta yang telah didaftarkan. Bulan Maret 2022 nanti akan dibuka kembali pendaftaran, sehingga semua bisa menabung untuk mengikuti World Scout Jamboree di Korea.

Suka menulis dan mewartakan tentang Pramuka, Teknologi, Musik, juga belajar mencipta puisi.
Exit mobile version