fbpx

Kwarda DIY Gelar Pelatihan Pembuatan Wayang Gigi untuk Media Edukasi Pramuka Berkebutuhan Khusus

YOGYAKARTA — Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) menyelenggarakan Pelatihan Wayang Gigi untuk media edukasi pramuka berkebutuhan khusus.

Bekerjasama dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LPM UMY), Kegiatan dilaksanakan pada Selasa, 5 Maret 2024 di Aula Kwarda DIY, Kompleks Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari, Yogyakarta.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kak Edy Heri Suasana, Plt. Wakil Ketua Kwarda DIY Bidang Pengabdian Masyarakat, Penanggulangan Bencana, dan Lingkungan Hidup.

Dalam sambutannya, Kak Edy menekankan bahwa Gerakan Pramuka merupakan lembaga mandiri yang bersama-sama memiliki komitmen mendidik generasi muda.

Ia menyebutkan LPM UMY sebagai mitra Kwarda DIY merupakan lembaga yang berkomitmen mengabdikan diri pada masyarakat, sehingga ada titik temu, untuk bersama sama menyiapkan generasi muda yang lebih baik.

Lebih lanjut Kak Edy menyampaikan bahwa pada kesempatan kali ini, kegiatan ditujukan untuk pembinaan adik-adik Disabilitas.

“Sehingga edukasi ini tidak dapat kita transfer ke gugusdepan PBK tanpa melalui kakak-kakak yang selalu mendampingi adik-adik,” tambahnya.

Pelatihan Pembuatan Wayang Gigi untuk Edukasi ini diikuti oleh perwakilan Kwartir Cabang se-DIY sebanyak 5 orang. Terdiri dari, 2 orang andalan Kwarcab urusan Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK), 2 orang Pembina PBK putri dan putra, serta 1 orang perwakilan dari Pramuka Peduli.

Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan ini antara lain penyuluh yang baik oleh Kak dr. M. Kurniawan,M.Kes,.; Materi Kesehatan gigi oleh Kak Lia, dan mateir utama pembuatan wayang gigi bersama Dental Rescue UMY.

Yuk gabung Whatsapp Channel kami!
Follow kami di Telegram!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *