fbpx
Jambore dan Raimuna Daerah

Gubernur Jakarta Membuka Jambore dan Raimuna Daerah di Cibubur

Pada Rabu malam, 6 Desember 2023, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi, secara non-formal membuka Jambore dan Raimuna Daerah DKI Jakarta di Bumi Perkemahan Cibubur.

Jambore Daerah diikuti oleh 1556 pramuka penggalang (11-15 tahun), sementara peserta Raimuna Daerah adalah 1048 pramuka penegak-pandega (16-25 tahun) dari 6 Kwartir Cabang di Jakarta. Kedua kegiatan ini berlangsung selama 6-12 Desember 2023.

“Jadikan momentum ini untuk meningkatkan ikatan persaudaraan pramuka se-DKI Jakarta. Manfaatkan alam yang hijau ini sebagai sumber pembelajaran untuk menajamkan kecintaan kepada Tuhan dan kepedulian terhadap sesama. Budaya gotong royong, kerja sama, dan saling tegur sapa adalah warisan budaya yang harus tercermin dalam kegiatan ini,” ujar Heru Budi, selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Jakarta.

Menurut Heru Budi, di era digital ini, pramuka DKI Jakarta tidak hanya diharapkan mengamalkan Dasa Darma pramuka dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga menjadi ‘agen kebaikan’ yang aktif menyampaikan pesan-pesan positif, baik langsung maupun melalui media sosial. Sosok pramuka yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya dalam semua aspek kehidupan.

Jambore dan Raimuna Daerah Kwarda DKI Jakarta

Jambore dan Raimuna Daerah

Kegiatan kepramukaan harus sejalan dengan azas Gerakan Pramuka, yaitu modern (menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan tuntutan zaman), manfaat (menghasilkan dampak atau karya nyata), dan taat azas (sesuai dengan Kode Kehormatan Gerakan Pramuka).

Ketua Mabida Kwarda Jakarta mengucapkan Selamat Ber-Jambore dan Ber-Raimuna kepada kakak-kakak dan adik-adik Pramuka Jakarta. Dia berterima kasih kepada Kwarda Jakarta, termasuk DKD Jakarta, yang menjadi panitia pelaksana dan sangga kerja, serta kepada Dinas-dinas dan SKPD Pemerintah Provinsi Jakarta.

Kegiatan utama dalam Jambore Daerah mencakup Kegiatan Keterampilan Soft Skill dan Global Development Village, yang melibatkan keterampilan soft skill dan Scout Skill. Peserta akan mengikuti semua kegiatan tersebut sesuai sistem rotasi. Sementara itu, kegiatan Raimuna Daerah mencakup Kampung Urban Scouting (diisi oleh kegiatan Saka) dan Kampung D’Kraf (diisi oleh kegiatan keterampilan digital dan soft skill).

Di lokasi perkemahan Cibubur, terdapat area pameran dan bazar UKM yang disponsori oleh Baznas DKI Jakarta. Pramuka di Jakarta dapat mengunjungi Jambore dan Raimuna Daerah pada jam kunjungan, yaitu pukul 09.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda, Kak Nurdin Hasan, yang juga menjabat sebagai Ketua Penyelenggara, menyampaikan bahwa kegiatan Jambore dan Raimuna yang dilaksanakan secara berbarengan ini merupakan yang pertama dalam sejarah Pramuka Jakarta.

“Ini kegiatan yang sangat berguna bagi adik-adik kita, dan semoga kegiatan ini dapat melahirkan generasi muda yang tangguh, mandiri, dan berkarakter,” ungkap Kak Nurdin.

Slogan:
Berkarakter Ciri Kita
Keren Itu Kita
Semangat!

JamraiJakarta

Yuk gabung Whatsapp Channel kami!
Follow kami di Telegram!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *