fbpx
Atribut Pramuka

Atribut Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega, serta Pemasangannya 

Gerakan Pramuka memiliki beragam tanda pengenal atau atribut pramuka yang digunakan pada seragamnya. Tujuan dari pemakaian atribut pramuka tersebut, yakni untuk menunjukkan jabatan serta tugas dari pemakainya.  

Ya, bisa dibilang jika atribut juga melambangkan jati diri seseorang dalam keanggotaan Gerakan Pramuka. Oleh sebab itu, setiap tingkatan memiliki atribut yang berbeda-beda dan semuanya punya arti masing-masing. Berikut ini atribut pada pramuka yang dikenakan untuk setiap tingkatan Gerakan Pramuka. 

Atribut Pramuka Siaga 

Berikut ini bentuk dan juga pemasangan atribut untuk pakaian seragam anggota dari Gerakan Pramuka Siaga. 

1. Tanda Tutup Kepala 

Warna dasar hijau dengan bentuk jajar genjang (putra) dan lingkaran (putri). Tanda ini terpasang di penutup kepala bagian depan. 

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM) 

Warna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran dan dipasang pada kerah baju kanan. Untuk putra bentuknya persegi dan di pasang pada dada kanan. 

3. Tanda Pelantikan 

Warna dasar cokelat tua berbentuk lingkaran. Untuk putri dipasang pada kerah baju kiri, dan untuk putra dipasang pada dada sebelah kiri. 

4. Papan Nama 

Warna dasar cokelat muda. Dipasangkan pada dada sebelah kanan (di bawah tanda pandu dunia (WOSM)), baik untuk putra maupun putri. 

5. Tanda Lokasi Kwarcab 

Berisikan nama dari kwartir cabang (Kota atau Kabupaten) dari anggota pramuka. Dipasang pada lengan baju kanan atas, baik untuk putra ataupun putri. 

6. Tanda Gugusdepan 

Berisikan nomor gugusdepan dari anggota. Dipasangkan pada lengan baju kanan, di bagian bawah Tanda Lokasi Kwarcab, baik untuk putra maupun putri. 

7. Lencana Daerah 

Berisikan lambang kwartir daerah dari anggota pramuka. Dipasangkan pada lengan baju kanan, di bagian bawah Tanda Gudep. 

8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga 

Bentuknya segitiga terbalik. Dipasangkan pada lengan baju kanan, di sekitar Lencana Daerah. Maksimal pemasangan adalah 5 buah TKK. Jika punya lebih dari 5 TKK, maka selebihnya dipasang di selendang TKK. 

9. Tanda Jabatan 

Berupa tanda Pemimpin Barung, Wakil Pemimpin Barung, atau Sulung. Dipasangkan di dada kanan, di bagian bawah lipatan baju. 

10. Tanda Barung 

Bentuknya segitiga dengan warna sesuai ketentuan barung. Baik itu untuk anggota putri ataupun putra, dipasang pada lengan baju bagian kiri atas. 

11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga 

Ada tiga tingkatan yakni Bantu, Tata, dan Mula. Dipasangkan di lengan baju kiri, di bagian bawah tanda barung. 

Atribut Pramuka Pelanggang 

Untuk atribut pada Gerakan Pramuka Penggalang, bentuk dan juga tata cara pemasangan adalah sebagai berikut. 

1. Tanda Tutup Kepala 

Warna dasarnya merah, dengan bentuk lingkaran (putri) serta segi delapan (putra). Untuk putri, dipasangkan pada topi pramuka bagian depan, sementara bagi putra dipasang di kabaret pramuka samping kiri. 

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM) 

Warna dasar ungu. Untuk putri bentuknya lingkaran dan dipasang pada kerah baju kanan. Untuk putra bentuknya persegi dan dipasang pada dada sebelah kanan. 

3. Tanda Pelantikan 

Warna dasar cokelat tua dan bentuknya lingkaran. Untuk putri, di pasang pada kerah baju kiri, sedangkan putra dipasang di dada sebelah kiri. 

4. Papan Nama 

Warna dasar cokelat muda. Dipasang pada dada sebelah kanan, tepat di bawah tanda pandu dunia (WOSM), baik itu untuk putra ataupun putri. 

5. Tanda Lokasi Kwarcab 

Berisikan nama kwartir cabang (Kota atau Kabupaten) dari anggota pramuka. Dipasangkan pada lengan baju kanan atas, baik untuk putra maupun putri. 

6. Tanda Gugusdepan 

Berisikan nomor gugusdepan dari anggota pramuka. Dipasang pada lengan baju kanan, di bawah Tanda Lokasi Kwarcab, baik untuk putra atau putri. 

7. Lencana Daerah 

Berisikan lambang kwartir daerah dari anggota pramuka. Dipasang pada lengan baju kanan, tepatnya di bagian bawah Tanda Gudep. 

8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penggalang 

Ada tiga bentuk sesuai dengan tingkatan TKK, yaitu segilima (utama), persegi (madya), dan lingkaran (purwa). Dipasang di lengan baju kanan, sekitar Lencana / Badge Daerah. 

9. Tanda Jabatan 

Berbentuk susuan balok warna merah. Dipasangkan pada dada kanan, tepatnya di bagian bawah lipatan baju. 

10. Tanda Regu 

Bentuknya persegi dengan logo dari regunya. Baik untuk putri maupun putra, dipasang pada lengan baju kiri atas. 

11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang 

Ada tiga tingkatan yakni Terap, Rakit, dan Ramu. Dipasang di lengan baju kiri, tepatnya di bagian bawah tanda regu. 

Atribut Pramuka
Photo by David Bartus on Pexels.com

Atribut Pramuka Penegak dan Pandega 

Yang terakhir ada atribut pramuka penegak dan juga pandega. Bentuk serta tata pemasangan atribut tingkatan pramuka ini, adalah seperti berikut. 

1. Tanda Tutup Kepala 

Warna dasar kuning dengan bentuk lingkaran (putri) serta segi delapan (putra). Untuk putri, dipasang pada topi bagian depan. Dan untuk putra dipasang di bagian samping kiri kabaret. 

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM) 

Warna dasar ungu. Untuk putri bentuknya lingkaran dan dipasang pada kerah baju kanan, sementara putra bentuknya persegi dan dipasang pada dada kanan. 

3. Tanda Kecakapan Umum (TKU) 

Bentuknya trapesium dan ada gambar tunas kelapa serta tulisan LAKSANA, PANDEGA, atau BANTARA. Dipasang pada pundak kanan dan kiri. 

4. Tanda Pelantikan 

Warna dasarnya cokelat tua dan berbentuk lingkaran. Untuk putri dipasang pada kerah baju kiri, sementara untuk putra dipasang pada dada kiri. 

5. Papan Nama 

Warna dasarnya cokelat muda. Baik itu untuk putra ataupun putri, dipasang pada dada kanan.  

6. Tanda Lokasi Kwarcab 

Berisikan nama kwartir cabang (Kota atau Kabupaten) dari anggota. Dipasang pada lengan baju kanan atas, baik itu putra maupun putri.  

7. Tanda Gugusdepan 

Berisikan nomor gugusdepan dari anggota pramuka. Dipasang pada lengan baju kanan, tepatnya di bagian bawah Tanda Lokasi Kwarcab. 

8. Lencana Daerah 

Berisikan logo kwartir daerah dari anggota pramuka. Dipasang pada lengan baju pramuka kanan, tepatnya di bagian bawah Tanda Gudep. Khusus untuk penegak dan pandega yang menjadi anggota Dewan Kerja Nasional, lencana yang dipakai memiliki gambar Garuda Pancasila. 

9. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) 

Terdapat tiga bentuk sesuai dengan tingkatan TKK, yaitu segilima (utama), persegi (madya), dan lingkaran (purwa). Dipasang pada lengan baju kanan, sekitar Lencana Daerah.  

10. Tanda Jabatan 

Berbentuk susuan balok berwarna merah. Dipasang di dada bagian kanan, dan untuk pramuka putra berada di bagian lipatan saku baju. 

11. Tanda Sangga 

Bentuknya persegi dengan logo sesuai dengan sangganya. Baik itu untuk anggota putri maupun putra, dipasang pada lengan baju sebelah kiri atas, tepatnya di bagian atas tanda ambalan. 

12. Tanda Ambalan 

Bentuk dan juga warnanya sesuai dengan ketentuan dari masing-masing ambalan. Baik pada anggota putri maupun putra, dipasang pada lengan baju kiri di bagian bawah tanda sangga. 

Perlengkapan atau atribut pramuka memang cukup banyak. Namun bisa dikatakan jika atribut itulah yang menjadi kebanggaan dari setiap anggota pramuka. Sebab itu, atribut juga menjadi identitas dari seorang anggota, dimana ada proses tertentu untuk bisa mendapatkan dan mengenakan atribut tersebut. 

Leave a Reply