fbpx
AD ART Pramuka

Mengenal Tujuan dan Fungsi AD ART Pramuka

Adanya AD ART Pramuka ini sangat penting dalam menjalankan roda organisasi karena biasanya terdapat peraturan di dalam dokumen tersebut. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga itu memang berupa dokumen penting yang harus dimiliki oleh sebuah organisasi.

Dokumen tersebut mengatur segala kegiatan yang berkaitan dengan organisasi kepramukaan seperti masalah anggota, pengurus organisasi, rapat rutin, sanksi dan aturan lainnya. Informasi terkait pendirian sebuah organisasi juga penting dicatat di dalam dokumen AD ART. 

Pengertian AD dan ART

Secara sederhana AD dan ART ini merupakan sebuah dokumen atau pedoman utama dalam menjalankan sebuah organisasi. Jadi, apabila Anda sebagai anggota baru dan pengurus, penting sekiranya untuk memahami isi dari dokumen tersebut. 

Pengetahuan mendalam harus dimiliki dalam memahami isi dari AD dan ART Pramuka. Baik anggota lama maupun anggota baru memang harus mematuhi isi dari dokumen tersebut. AD ART ini dibuat bagi orang yang ingin mendirikan sebuah organisasi termasuk pramuka

Tentu dalam membuat AD ART Pramuka tidak bisa asal-asalan karena harus mendapatkan persetujuan dari semua anggota. Semua anggota harus mematuhi isi dari dokumen yang sudah disepakati bersama. Akan tetapi sebenarnya ada perbedaan antara AD dan ART. 

Mengenal Perbedaan AD dan ART

Setelah mengetahui apa pengertian dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, sebagai organisatoris dalam pramuka, penting untuk mengenal apa perbedaan kedua hal tersebut. Walaupun tidak bisa dipisahkan tetapi keduanya memiliki maksud yang berbeda. 

1. Anggaran Rumah Tangga

Anggaran Rumah Tangga atau ART merupakan sebuah dokumen yang isinya berbagai aturan pada Anggaran Dasar. Pada ART terdapat peraturan yang mengurus masalah rumah tangga organisasi seperti hak dan kewajiban bagi setiap anggotanya. 

2. Anggaran Dasar

Berbeda dengan Anggaran Rumah Tangga, pada Anggaran Dasar tertulis semua aturan umum bagi kehidupan organisasi yang mengatur hubungan antar anggota. Bagaimana agar semua anggota bisa hidup rukun dan damai serta saling bekerja sama untuk mewujudkan tujuan organisasi. 

Pada Anggaran Dasar juga terdapat bagaimana hubungan interaksi yang harus dilakukan oleh setiap anggota pramuka agar bisa menjalankan organisasi dengan baik dan benar. Terdapat banyak sekali peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap anggota. 

Fungsi dan Tujuan Adanya AD ART Pramuka

Setelah mengetahui tentang apa saja perbedaan dari AD dan ART, berikutnya adalah memahami tentang fungsi AD ART Pramuka. Pembuatan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga memang memiliki tujuannya tersendiri. 

AD ART Pramuka

1. Fungsi AD dan ART Pramuka

Sebenarnya fungsinya sama seperti AD dan ART milik organisasi lain yaitu untuk menerangkan beberapa hal yang belum spesifik mengenai Anggaran Dasar atau yang tidak diterangkan sebelumnya. Fungsi kedua adalah dasar pengambilan keputusan untuk menentukan sanksi atau peraturan baru.

Fungsi ketiga adalah untuk memberikan gambaran tentang bagaimana sistem atau mekanisme kerja organisasi pramuka, sehingga para anggota tidak akan kehilangan arah. 

2. Tujuan AD dan ART Pramuka

Ada juga tujuan AD ART Pramuka yang harus Anda tahu jika bergabung dalam organisasi tersebut. Ada beberapa tujuan yaitu untuk mengatur sistem kerja organisasi pramuka, menjadi pedoman utama dalam melaksanakan tugas kepramukaan dan dasar untuk melihat peraturan lainnya.

Selain itu, tujuannya adalah untuk pedoman dalam mengelola organisasi terkait finansial, manajemen, dan teknis dalam berorganisasi. Pembuatan AD ART Pramuka harus mendapatkan persetujuan dari semua anggota, jadi tidak bisa ditetapkan sendiri. Biasanya, para anggota akan mengadakan rapat untuk membahas tentang dua pedoman tersebut.

AD ART Pramuka yang berlaku saat ini adalah
KEPUTUSAN MUSYAWARAH NASIONAL X
GERAKAN PRAMUKA TAHUN 2018
NOMOR: 07/Munas/2018
TENTANG ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA GERAKAN PRAMUKA

bisa kakak download di sini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *