fbpx

40 Pembina Pramuka Ikut KMD Kwarcab Banda Aceh 2023

BANDA ACEH – Sebanyak 40 peserta mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banda Aceh di Komplek UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Berlangsung mulai 15 dan sampai dengan 21 Desember 2023, peserta kegiatan merupakan Pembina Putra dan Putri yang berasal dari berbagai pangkalan baik SD, SMP, dan SMA / sederajat se-Kota Banda Aceh.

Ketua Harian Kwarcab Banda Aceh, Kak Taufik S.E menyebutkan bahwa kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kompetensi para pembina Pramuka. KMD juga sebagai syarat utama menyandang status pembina pramuka tingkat dasar.

“Melalui kursus ini kita harapkan nantinya para peserta mampu mengembangkan kegiatan Pramuka di Gugus Depan masing-masing,” ujar Kak Taufik yang juga sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh.

Ia menambahkan, KMD merupakan suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan pramuka yang meliputi perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, dan racana pandega.

Sejak dibuka pada, Jumat (15/12/2023), peserta mendapatkan berbagai pengetahuan dasar membina peserta didik Pramuka, teknik kepramukaan, tata kelola administrasi Gugusdepan.

Kemudian Scouting skill, managemen risiko, survival, metode pembinaan, hingga simulasi praktik membina di setiap jenjang golongan dalam Gerakan Pramuka. ***

Yuk gabung Whatsapp Channel kami!
Follow kami di Telegram!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *