fbpx

10 Ribu Pramuka Bantu Mudik Lebaran 1443 H di Berbagai Daerah

10 Ribu Pramuka Bantu Mudik Lebaran 1443 H di Berbagai Daerah

JAKARTA – Sebanyak 10 ribu Pramuka di Tanah Air membantu pemudik yang pulang kampung dalam rangka Hari Idul Fitri 2022. Mereka tersebar di stasiun kereta api, terminal bus, rest area jalan tol, tempat wisata, dan Posko Mudik Lebaran yang dibangun pemerintah dan Polri.

Adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega serta pembina itu membantu pemudik yang lanjut usia dan anak-anak, serta membantu petugas kesehatan dan petugas di stasiun dan terminal bus antar kota. Anggota Pramuka Saka Bhayangkara membantu polisi mengatur lalu lintas di jalur mudik.

Setiap tahun, Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan Karya Bakti Lebaran (KBL) yang diikuti Pramuka Penegak (usia 16-20 tahun), Pandega (21-26 tahun) dan orang dewasa (pembina dan andalan).

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan kepramukaan agar para anggota kita selalu siap menolong orang lain, sebagaimana tercantum secara jelas dalam Satya dan Darma Pramuka,” ujar Ketua Kwarnas Kak Komjen Pol (Purn) Budi Waseso pada 28 April 2022.

Menurut Kak Budi Waseso, kegiatan KBL ini bagian dari pengabdian masyarakat dan selaras dengan tema Rakernas Pramuka 2022 yaitu ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’. Ini jadi tema kegiatan kepramukaan pada tahun ini.

“Gerakan Pramuka harus bertekad untuk mengabdi tanpa batas dalam membangun generasi muda yang tangguh dan pada gilirannya dapat dengan tangguh pula memimpin bangsa dan NKRI. Salah satunya adalah mengabdi tanpa batas dalam kegiatan KBL 2022,” kata Kak Budi.

Sekjen Kwarnas Kak Bachtiar Utomo kemarin berada di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Provinsi Banten meluncurkan kegiatan KBL. Bersama ratusan Pramuka dari Kwarda Banten, Kak Bachtiar membantu petugas pelabuhan mengatur ribuan pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera.

Ketua Kwarda Lampung Chusnunia Chalim mengkoordinir ratusan Pramuka di Dermaga Pelabuhan Bakauheni untuk menyambuk pemudik dari Jawa. “Kami memaksimalkan keberadaan Posko-posko yang sudah ada di Kabupaten/Kota agar Kwarda/Kwarcab dapat bersinergi dengan kepolisian lalu lintas, maupun pemerintah daerah untuk membantu kelancaran arus mudik,” kata Kak Chusnunia.

Ketua Kwarda Pramuka DI Yogyakarta Kak GKR Mangkubumi dan puluhan Pramuka petugas KBL menyambut para pemudik yang baru tiba di Stasiun Tugu, kemarin sore. “Saya berharap pemudik yang baru datang untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama di Yogyakarta dan nanti kembali ke rumah dalam keadaan sehat,” katanya. Kak Mangkubumi mengingatkan adik-adik Pramuka yang bertugas di KBL untuk tetap menjaga kesehatan.

Waka Kwarda Jawa Tengah bidang Pengabdian Masyarakat pun turut andil dalam acara pencanangan KBL Tahun 2022 dari Semarang. Beberapa Kwarcab se Jawa Tengah memberikan reportase di tempat bertugas mereka.

Di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, anggota Pramuka membantu acara Mudik Gratis yang diadakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pada kemarin siang. Gubernur DKI Jakarta Kak Anies Baswedan melepas 212 armada bus yang diisi 11 ribu warga untuk mudik ke Jawa dan Sumatera. Kak Anies Baswedan yang juga Ketua Mabida Pramuka Jakarta mengapresiasi adik-adik Penegak dan Pandega yang membantu petugas di Terminal Pulo Gebang.

Kwarda Pramuka Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kwarda di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku juga mengerahkan anggotanya membantu petugas Polri, Dinas Perhubungan dan pengelola stasiun, terminal bus, pelabuhan dan bandar udara. Adik-adik Pramuka juga ikut membagikan takjil kepada warga dan pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat.

Sekjen Kwarnas Kak Bachtiar Utomo menjelaskan pada KBL 2020 kali ini, Kwarnas membantu memberitakan kegiatan KBL. “Baik secara langsung melalui saluran streaming yang telah disiapkan Kwarnas, maupun melalui aktivitas pelaporan para peserta di akun media sosial masing-masing,” kata Kak Bachtiar.

Menurutnya, ada dua hal yang dicapai dari peliputan dan pemberitaan tersebut. Pertama, membantu memberikan informasi kepada masyarakat luas, khususnya para pemudik mengenai keadaan di tempat-tempat di mana diadakan KBL. Kedua, melatih pada Pramuka untuk belajar berkomunikasi, memberitakan dan melakukan kegiatan pewarta yang merupakan salah satu life skills atau keterampilan hidup yang berguna.

“Sehingga tagar Setiap Pramuka Adalah Pewarta dapat terwujud. Sekaligus dapat membantu menginformasikan kegiatan kepramukaan kepada masyarakat luas dan seluruh pemangku kepentingan Gerakan Pramuka,” kata Kepala Pusinfo Kwarnas, Kak Tubagus Guritno.

Sejak pekan lalu, sebanyak 500 Pramuka petugas KBL mengikuti pelatihan menjadi pewarta. Pelatihan secara daring dan luring tersebut berlangsung selama dua hari. Andalan Nasional Kwarnas Komisi Humas & Informasi Kak Sukma Widhya memberikan materi tentang teknik membuat reportase dan siaran langsung. Sedangkan Kak Guritno memberikan materi tentang cara membuat berita singkat.

Ketua Karya Bakti Lebaran 2022 Kak Saul Saleky menjelaskan bahwa Pos Pengendalian dan Peliputan ada di Gedung Kwarnas Gambir, Jakarta Pusat. Para petugas bergiliran bertugas hingga pasca-Lebaran, atau arus balik para pemudik. “Kwarnas mengapresiasi adik-adik dan kakak-kakak yang bertugas dengan memberikan piagam penghargaan. Mereka sudah menujukkan bakti-nya,” ujar Kak Saul, Andalan Nasional Komisi Pengabdian Masyarakat. (rls-kwarnas)

Author

Suka menulis dan mewartakan tentang Pramuka, Teknologi, Musik, juga belajar mencipta puisi.

Leave a Reply

You might also like