Pramuka Suka Tantangan Baru & Bersiap Untuk Masa Depan

 Pramuka Suka Tantangan Baru & Bersiap Untuk Masa Depan

Kita hari ini adalah kita yang telah belajar di masa lalu, cukup banyak tantangan yang telah kita lewati dan hadapi. Namun kamu harus selalu tanam dalam diri kakak yang berjiwa pramuka, bahwa pramuka suka tantangan baru. Masa iya segitu-gitu aja yang bisa kita lakukan? Bertumbuh dong!

 

Berani mengambil keputusan adalah satu dari sekian banyak sikap yang harus dimiliki oleh pramuka. Khususnya kalian yang menjadi seorang pemimpin, ya memimpin diri sendiri tentunya. Jika dihadapkan dengan permasalahan, sikap seorang pramuka akan segera memecahkan permasalahan yang di hadapi. Namun jika tidak, berkonsultasi dengan orang yang tepat akan bisa memudahkan dalam pemecahan persoalan tersebut.

Pramuka Suka tantangan baru
Pramuka menyukai tantangan baru. Foto ig weni_spr27 ⁣

Nah beberapa hal yang akan membuat kamu bertumbuh di pramuka antara lain :

Pramuka Suka tantangan baru

Tantangan dalam kegiatan pramuka yang didapatkan dalam permainan merupakan salah satu cara dalam melatih mental pramuka. Seorang pramuka harus berani menyelesaikan permainan yang telah ada dengan sebaik mungkin. Nilai-nilai yang mungkin dirasa tidak terlalu penting namun berdampak pada sikap dan mental pramuka. Pembina harus tanggap dan menjadi fasilitator dalam perkembangan jiwa pramuka.

Pramuka Harus menjadi Pemberani

Berani mengambil tantangan, berani dalam menyelesaikan permainan baru. Mental pemberani sudah harus ditanamkan dalam kegiatan pramuka siaga. Banyak permainan anak yang bisa melatih keberanian pramuka siaga. Misalnya menyanyi di depan orang banyak, berenang, beternak, yang juga harus di damping orang tua dan pembinanya. Penanaman sikap pemberani juga dilakukan dengan adanya perlombaan di dunia pramuka dari segala golongan usia.

Pramuka mengikuti perlombaan. Foto ig prassalegta ⁣

Disiplin dalam Hidup

Sikap disiplin di pramuka merupakan salah satu hal yang tidak terpisahkan. Mungkin sering kita melihat teman kita diberikan hukuman karena datang terlambat dalam latihan pramuka. Atau dalam menyelesaikan tugas kelompok saat latihan pramuka, kita dituntut untuk disiplin waktu. Bahkan disiplin soal seragam dan atribut yang dikenakan.

 

3 Hal di atas adalah beberapa hal kecil yang ditanamkan dalam dirikita saat berkegiatan pramuka. Namun dampaknya sangat-sangat luar biasa ketika kita memasuki usia kuliah maupun usia kerja yang akan menjadi bekal dalam kita hidup dan berorganisasi di masyarakat.

 

Hal demikianpun masih ada yang membuly pramuka dan kegiatannya dikatakan kurang bermanfaat. Duuh… bagaimana menurutmu Pramuka Suka tantangan baru? dan pramuka bermanfaat bagi generasi muda.

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *