fbpx

Gudep Pangkalan SMPN 8 Singkawang Inisasi Gerakan Menanam Pohon

Singkawang, Kalbar – Meramaikan Hari Pohon Sedunia, Gugusdepan 02.029, Syarif Abdurahman dan 02.030 Dare Nandung berpangkalan di SMP Negeri 8 Singkawang menyelenggarakan kegiatan menanam pohon. Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari, yaitu 27-29 November 2020 dilaksanakan
di wilayah Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang.


Ikut serta dalam kegiatan menanam 2000 pohon itu adalah selain dari anggota Gerakan Pramuka gudep pangkalan SMP Negeri 8 Singkawang, juga diikuti oleh gudep yang berpangkalan di SMP Negeri 2 Selakau, Brigade Tanggap Pramuka Peduli (BRIGAPP) Kwarcab Kota Singkawang, Himpunan Mahasiswa Fisika STKIP Singkawang, dan warga masyarakat.
Jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan menaman selama tiga hari itu adalah 1000 batang bibit matoa, 500 batang bibit cempedak, 250 batang bibit durian, dan 250 batang bibit petai. Bibit pohon yang ditanam tersebar di setiap RT di seluruh Kelurahan yang terdapat di Wilayah Singkawang Utara, Kota Singkawang.


Ketua Gugusdepan pangkalan SMP Negeri 8 Singkawang, Kak Elzi Syaiyid, S.AB, MM menyampaikan bahwa kegiatan menanam pohon ini wajib dilaksanakan oleh setiap anggota Gerakan Pramuka, selain menjalan Satya dan Darma Pramuka, kegiatan ini juga sebagai gerakan untuk menjaga, memelihara dan melindungi bumi kita agar tetap lestari.


“Setiap anggota Gerakan Pramuka diharapkan menjadi garda terdepan dalam melakukan kegiatan menanam pohon agar alam dilingkungan terjaga dengan baik”, pungkas kak Elzi Syaiyid
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Kak Afis Arviansyah mengatakan bahwa penanaman ini merupakan Program Kerja Gugusdepan dan kedepannya akan dijadikan agenda tetap tahunan untuk menormalisasi kembali tanaman yang sudah banyak ditebang.

Teks: Sakti Andika/Saiko Damai
Foto: Dok Panitia Kegiatan

Yuk gabung Whatsapp Channel kami!
Follow kami di Telegram!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *