fbpx

Bersama Seluruh Kwarcab, Kwarda DIY Siapkan Pewarta Pramuka Istimewa

YOGYAKARTA — Gerakan Pramuka menjadi salah satu organisasi yang terus mengabarkan informasi positif. Sebagaimana slogan yang sering disampaikan, Setiap Pramuka Adalah Pewarta.

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) pun mendukung adanya penyajian informasi yang lebih baik dan tentu menambah wawasan literasi. Dalam kepengurusan masa bakti 2020-2025, Kwarda DIY membentuk Organisasasi Pendukung baru bernama Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi (PusbangJusinfo).

Pengurus PusbangJusinfo telah dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Kwarda DIY Kak GKR Mangkubumi pada 19 Desember lalu bersama dengan pengurus badan kelengkapan, satuan pendidikan, dan organisasi pendukung lainnya.

Pusbangjusinfo merupakan bagian integral Kwartir Daerah yang mempunyai fungsi memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis mengenai informasi dan komunikasi, pelayanan informasi, dan pengembangan sumber daya manusia dalam bidang tersebut.

Salah satu tugas pokok PusbangJusinfo adalah menjalankan pencarian, pengumpulan, pengolahan, dan penyajian gagasan dan informasi tentang pengetahuan kepramukaan dan pengetahuan umum lain yang mempunyai sifat pendidikan, hiburan maupun, kontrol sosial masyarakat.

Di awal kepengurusan untuk lima tahun ke depan, PusbangJusinfo melaksanakan sosialisasi kepada Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka se-DIY terkait dengan salah satu tugas pokoknya yaitu Pengembangan Jurnalistik, Selasa (19/01/2021) di Aula Lantai 2 Kwarda DIY.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Andalan Cabang Kwarcab Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul, Sleman, dan Kota Yogyakarta yang membidangi kehumasan disertai oleh perwakilan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat Cabang (DKC).

Acara diawali dengan pemberian apresiasi istimewa kepada para pengurus DKC atas keaktifannya di media sosial khususnya instagram, sebagai representatif dari Kwarcab. Piagam Penghargaan disampaikan oleh Kak drh. Sri Budoyo selaku Sekretaris 1 Kwarda DIY mewakili Ketua Kwarda yang berhalangan hadir.

Sementara itu sosialisasi disampaikan oleh Wakil Ketua PusbangJusinfo, Kak Bambang Pamungkas yang memaparkan pemetaan sekaligus penjaringan pewarta-pewarta pramuka baru. Pihaknya menegaskan bahwa penjaringan tersebut tentunya harus bersinergi dengan kwartir cabang, kwartir ranting, gugusdepan, satuan karya, satuan komunitas, serta pihak lainnya.

Ada 4 hal pokok terkait cakupan pengembangan jurnalistik yang disampaikan oleh PusbangJusinfo kepada para peserta sosialisasi. Yaitu terkait pengelolaan SDM, koordinasi dan konsolidasi, alur informasi, serta fasilitasi media bagi para pewarta.

Dalam waktu dekat, PusbangJusinfo akan segera menyiapkan bimbingan teknis jurnalistik dasar dengan metode daring (online) karena masih situasi pandemi COVID-19. Selain itu juga akan mengoptimalkan dan menyempurnakan sistem kursus secara online untuk memfasilitasi calon-calon pewarta pramuka istimewa.

Disampaikan pula bahwa Kwarda DIY memberikan ruang seluas-luasnya bagi pada Andalan Pramuka di wilayah DIY untuk berkarya melalui media, menyuguhkan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pramuka DIY.

Harapannya akan semakin tercipta pengembangan jurnalistik yang baik serta mampu menambah wawasan literasi bagi seluruh pramuka di DIY.

Yuk gabung Whatsapp Channel kami!
Follow kami di Telegram!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *